Total Tayangan Laman

Jumat, 15 Oktober 2010

11 GURUN UTAMA DUNIA

Di bawah ini adalah 11 gurun utama menurut urutan ukuran besarnya; seluruhnya meliputi sepertujuh luas daratan bumi.
1. Gurun Sahara, menurut Dr. Wladimir Köppen (Universitas Graz, Austria) adalah gurun yang paling besar. Gurun ini memebentang di Afrika Utara; panajangnya 5.150 km dan luas seluruhnya 9.000.000 km2 ; jadi luasnya sama dengan 50 negara bagian Amerika Serikat. Hanya 1/10 luas seluruhnya berupa gumuk pasir. Gurun ini juga mempunyai gunung yang tingginya 3.505 m, dan mendapat salju. Namun rata-rata curah hujan sebagian besar gurun ini kurang dari 2,5 cm setahunnya.






2. Gurun Australia, ciri yang paling mencolok ialah bahwa gurun ini meliputi sebagian besarnya benuannya. Gurun ini meliputi 44% luas Australia, sedangkan gurun di Amerika Utara hanyalah 5%. Karena di daerah terkering rata-rata curah hujannya 13 cm setahun, maka 3,4 juta km2 Gurun Australia tidaklah sekering Gurun Sahara.












3. Gurun Arabia, berada di Semenanjung Arabia hampir 2,6 juta km2 luasnya, dan sekitar 1/3 nya berupa pasir ; perbandingan ini lebih besar bila dibandingkan dengan gurun lainnya. Ciri khas yang lain ialaha tidak adanya sungai, baik yang bersumber di situ maupun yang melewatinya. Di sana tak ada pegunungan yang mendapatkan banyak air sebagai sumber hujan.













4. Gurun Turkestan, luasnya 1,9 juta km2 di Rusia barat daya jauh lebih kecil daripada stepa luas dan produktif di sebelahnya. Di sini pertanian sukar menjadi mantap meskipun manusia telah berjuang melawan kegersangannya berabad-abad yang penuh pergolakan itu. Batas gurun ini ialah Laut Kaspia ; 6.000 tahun yang lampau laut ini hampir kering, tetapi teregenang lagi ketika Timur dekat mulai memperoleh lebih banyak curah hujan 1.000 atau 2.000 tahun sebelum masehi. Sekarang dari permukaan air sedalam 3 meter, kita dapat melihat fondasi bangunan masyarakat kuno yang didirikan di pantai Kaspia pada zaman prasejarah yang lebih kering iklimnnya.



5. Gurun Amerika Utara, hampir meliputi 1,3 juta km2 luasnya ; keanekaragaman pemandangan alamnya aneh ; letaknya di Amerika Serikat dan Meksiko barat laut. Gurun ini terbagi menjadi 4 bagian utama: Great Basin, Mojave, Sonora dan Gurun Chihuahua. Gurun Great Basin merupakan cekungan antara Pegunungan Cadas dan Jajaran Pegunungan Kaskade, Sierra Nevada. Sebagian besar gurun ini berupa stepa atau atau setengah gurun. Di Nevada Selatan Utah bagian Barat gurun ini merupakan gurun sejati, dan lambat laun tergabung dengan Gurun Mojave di Kalifornia tenggara. Gurun Mojave sebenarnya merupakan gurun peralihan kecil antara Gurun Greta Basib dengan Gurun Sonora di selatan. Gurun Sonora adalah yang paling dikenal bagi orang Amerika ; dan gurun ini terbentang mulai dari KaliforniaTenggara melalui Arizona Selatan sampai penjuru barat daya Meksiko, dan berakhir sampai Sonora serta Baja Kaifornia di Meksiko. Gurun Chihuahua terletak di bagian timur Sierra Madre Occidental, membujur ke utara sampai Texas barat daya, New Mexico bagian selatan dan penjuru tenggara Arizona.



6. Gurun Patagonia, luasnya 673.400 km2. Gurun ini teletak di Argentina dan namannya terlalu terkenal hingga tidak dapat diganti lagi. Tetepi sebenarnya kebanyakan gurun sejati di Argentina –Jadi, bukan padang rumput—terdapat di daerah utara yang disebut Monte. Gurun yang terletak di sebelah timur Andes ini tampaknya sangat menyerupai Gurun Sorona yang jauhnya 6.400 km, karena keduannya mempunyai banyak kesamaan jenis tumbuhan.






7. Gurun Thar, 595.700 km2 luasnya. Gurun yang terletak di bagian barat India serta Pakistan juga dikenal sebagai Gurun Besar India ini membujur ke sebelah timur sungai Indus. Arus udara basah dari Angin Muson musim panas menghembus di dekatnnya ke timur, tanpa menjatuhkan hujan di Gurun Thar. Lembah Sungai Indus merupakan tempat peradaban subur 4.000 atau 5.000 tahun yang lalu. Kota Mohenjodaro dan Harrapa telah mempunyai saluran air lebar sepanjang jalan dan kebanyakan rumah memiliki kamar mandi. Mungkin sekali Lembah Sungai Indus pada masa itu mendapat hujan angin muson, tetapi merosot menjadi gurun sesudah terjadi perubahan arah angin.



8. Gurun Kalahari & Gurun Namib, terletak di Afrika Selatan meliputi tanah gersang seluas 569.800 km2 ; daerah padang rumputnya jauh lebih luas dan menjadi satu dengan gurun tersebut. Gurun Kalahari di sebelah barat membentang sampai Gurun Namib di pantai Atlantik. Kabut kerap kali menutupi gurun pantai ini dan dengan demikian mengakibatkan adanya keserupaan yang dekat dengan Gurun Atakama, peru, yang lebih terkenal itu.







9. Gurun Takla Makan, lusanya 518.000 km2. Gurun ini terletak di provinsi Sinkiang, Cina Barat, dan merupakan daerah kantung yang jauh dari sumber kelembaban. Takla Makan menjadi satu dengan daerah setengah gersang di barat laut, dan dengan stepa padang rumput yang tinggi letaknya dan tandus di Mongolia, tempat terbentang Gurun Gobi yang terkenal itu.









9. Gurun Iran, lusanya 352.000 km2. Letaknya di Persia lama. Bila dipandang fari bagiannya yang benar-benar gurun, gurun ini kecil, tetapi di situ terdapat gumuk pasir tertinggi di dunia ; tingginya 210 meter lebih. Di dalam dan di dekat gurun ini terdapat banyak peniggalan manusia Zaman Neolitik, petani pertama di dunia, dan juga bekas kerajaan kuat pada zaman sesudahnya. Tidak ada bukti yang meyakinkan bahwa di sana baru-baru ini terjadi perubahan iklim. Tetapi di Iran Timur dan Timur tengah trdapat tanda-tanda bahwa salah penggarapan tanah tealh merusak daerah subur tersebut dan membiarkannya menjadi gurun.



10. Gurun Atakama-Peru, terletak di Chili dan Peru dengan luas 362.000 km2. Ini merupakan gurun kecil ; curah hujannya paling sedikit , rata-rata kurang dari 1,3 cm setahun. Pinggiran gurun yang teletak di pantai sangat berkabut. Walaupun kelembabannya tidak berkondensasi menjadi hujan, tetumbuhan dan binatang dapat memanfaatkan sebagian kelebabannya.








Sifat umum yang paling mencolok di kawasan ini ialah kegersangannya. Pada umumnya kegersangan itu di definisikan sebagai curah hujan yang setahun hanya 25 cm atau kurang. Selain Angin kering, rintangan fisiografis yang rumit (misalnya barisan Gunung dekat pantai) menahan turunnya hujan meskipun tidak selalu berhasil. Hujan terkadan jatuh di semua tanah gurun, walaupun mungkin tidak terjadi setiap tahun. Ada beberapa daerah di Baja Kalifornia yang tidak mendapat hujan setetes pun selama sebelas tahun, walaupun curah hujan rata-ratanya 12,5 cm setahun. Sering kali jumlah tersebut hanyalah hasil rata-rata hujan lebat yang tidak terduga dan jarang terjadi. Jadi, ada kemungkinan bahwa Bagdad mendapat jumlah curah hujan dua tahun dalam satu malam suntuk, sedangkan gumpalan awan yang melayang-layang di beberapa daerah Australia Tengah hanya sekali dua kali dalam sepuluh tahun menurunkan hujannya.

dikutip dari buku 'The Desert' karangan A. Straker Leopld

PUSTAKA ALAM-LIFE©1980

3 komentar:

  1. gambar ini sungguh menarik :)

    BalasHapus
  2. bolehla buat ekperimen dengan gambar ni hah jangan lupa ye tengok sains comot :):):)

    BalasHapus
  3. haaaaaaaaah dah tahu dah nak buat apa.Buat padang pasir dengan orang naik unta ok jugak :) hehe bagustu menarik jugak :)

    BalasHapus